Diberdayakan oleh Blogger.

Seguidores

Followers

RSS

Macam macam penyakit ginjal


 Ada beberapa macam penyakit ginjal, beberapa di antaranya lebih buruk daripada yang lain. Penyakit ginjal dapat menjadi “akut”, yang berarti adalah sebuah onset cepat atau “kronis” yang berarti penurunan fungsi ginjal lambat. Kedua jenis penyakit ginjal dapat disebabkan autoimun, racun gangguan, obat-obatan atau infeksi. Penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi secara bertahap dapat memperburuk fungsi ginjal.
Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah dan berbentuk seperti kacang. Di dalam tubuh kita terdapat sepasang ginjal yang memiliki fungsi yang sangat penting antara lain:
  • Sebagai sistem filter dan membuang sampah dari tubuh
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah
  • Memproduksi hormon yang Erythropoietin yang membantu pembuatan sel darah merah
  • Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang.
Secara garis besar, macam macam penyakit ginjal itu adalah ginjal akut, ginjal kronis dan gagal ginjal. Berikut ini adalah penjelasannya.
1. Penyakit Ginjal Akut
Macam macam penyakit ginjal yang pertama ini dikarenakan ada tiga gejala. Gejala pertama penyakit ginjal ini adalah disebut dengan pre renal yaitu muntaber kemudian pendarahan. Kemudian penyebab kedua penyakit ginjal ini disebut renal yaitu muka yang sembab, lalu terjadi pembengkaan pada kaki, tekanan darah yang terus meningkat dan rasa nyeri pada bagian pinggang serta warna air kencing (urine) yang kemerahan.
Kemudian, gejal penyakit ginjal ini yang terakhir dinamakan post renal yaitu terjadinya penyumbatan pada saluran untuk buang air kecil yang meliputi kencing batu, pembekuan darah, adanya tumor, dan sebagainya. Kemudian gejala atau tanda yang lain adalah rasa nyeri pada pinggang, air kencing yang merah atau tidak bisa kencing dalam jangka waktu yang cukup lama.
2. Penyakit Ginjal kronik
Penyebab dari penyakit ginjal yang nomor dua ini adalah karena sebelumnya sudah terkena serangan beberapa penyakit lain, diantaranya adalah Diebetes melitus, hipertensi atau darah tinggi, batu ginjal dan sering mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung racun atau efek samping pada fungsi ginjal.
Gejala penyakit ginjal yang sering muncul bila sudah terserang penyakit ginjal kronik ini adalah muka terlihat sangat sembab (lesu dan tidak bercahaya), darah yang terus naik tekanannya dan tidak mudah mengeluarkan air kencing.
3. Penyakit Gagal ginjal
Macam-macam penyakit ginjal yang terakhir ini muncul karena penanganan dari penyakit ginjal akut serta ginjal kronik yang tidak maksimal atau mengalami keterlambatan. Gejalanya tentu saja merupakan gabungan dari gejala penyakit ginjal kronis dan akut.
Cara penyembuhan penyakit ginjal ini bisa melalui dua cara yaitu yang pertama adalah dengan metode konservatif. Penderita penyakit gagal ginjal diharuskan melakukan diet atau mengatur pola makannya dengan ketat dan disiplin. Hal ini dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh dari penderita.
Selain itu juga mesti melakukan kontrol yang teratur pada ginjal dan organ lain yang saling berhubungan dan tidak boleh terlambat. Kemudian cara yang kedua adalah terapi ginjal pengganti. Ini dilakukan bila ketika melakukan metode konservatif tidak berhasil atau mengalami kegagalan. Maka jalan satu satunya adalah melakukan metode ini, yaitu pencangkokan ginjal dari orang lain yang mau mendonorkan ginjalnya sendiri.
Jenis-Jenis Penyakit Ginjal lainnya
•          infeksi saluran kencing
•          saluran kencing tersenkat, misalnya batu dalan ginjal, cysts dan lain-lain
•          tekanan darah tinggi (hypertension)
•          Glomerulonephritis
•          Nephrosis
•          Lain-lain, misalnya kencing manis, kerosakan akibat kimia toksik tertentu seperti dadah dan lain-lain.
Penyakit ginjal bisa turun temurun. Ada sejumlah penyakit ginjal langka turun-temurun yang mengakibatkan kebocoran darah atau protein dari ginjal. Penyakit tersebut terkadang dapat dikelola medis tetapi, dalam kasus lain, dialisis atau transplantasi ginjal yang diperlukan untuk mengobati masalah yang mendasari.
Upaya lain penyembuhan penyakit ginjal dengan minum obat yang tergantung dari jenis batu ginjal/kandung kemih yang diderita. Contohnya Hidroklorotiazid untuk mengobati batu kalsium. Sementara cara tradisional sebagai cara yang paling banyak ditempuh penderita.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar