Diberdayakan oleh Blogger.

Seguidores

Followers

RSS

7 Hari Liburan Cinta Bumi

7 Hari Liburan Cinta Bumi Gadis

Selain bersenang-senang dan refreshing, kita juga bisa menyelipkan aksi peduli lingkungan dalam liburan kali ini. Nggak susah kok, jalani saja jadwal berikut.

Senin: Pisahkan sampah. Perhatikan manajemen sampah di rumah. Pisahkan antara tempat sampah basah (yang terurai dengan mudah di tanah, seperti sisa bahan makanan, kulit buah, dll) dan sampah kering (kertas, botol, dll). Modalnya, cukup dengan tempelan/tanda pada tiap tong sampah. Jangan lupa pula untuk briefing orang rumah tentang pemisahan sampah ini.

Selasa: Daur ulang kertas. Kalau selama ini kita hanya mengkonsumsi kertas, sekarang coba hasilkan sesuatu dengan melakukan recycle, misalnya untuk bungkus kado, sampul buku, kerajinan tangan dan sebagainya.

Rabu: Belanja barang hemat energi/ramah lingkungan. It’s shopping time! Tapi ini khusus unruk berbelanja barang-barang eco-friendly. Misalnya, lampu yang hemat energi atau pernak-pernik daur ulang. Ada banyak kok, di pusat perbelanjaan.
 
Kamis: Earth Hours. Nggak perlu menunggu setahun sekali. Kita bisa melakukan earth hours (lebih dari satu jam) saat libur dan mengisinya isi dengan kegiatan seru. Misalnya, melihat bintang dari halaman rumah bareng adik dan kakak atau bikin games tebak-tebakan sekeluarga.   

Jumat: Improve our eco-knowledge. Update pengetahuan dan informasi tentang lingkungan dan bumi. Semakin banyak yang diketahui, semakin tinggi kesadaran kita untuk menjaga lingkungan.

Sabtu: Hangout di tempat eco-friendly. Dari mulai taman, café, museum, toko buku, sampai tempat belanja, banyak yang menerapkan prinsip cinta bumi. Misalnya, Taman Menteng, Aksara, Starbucks, dll. Nah, coba deh kita kunjungi tempat-tempat seperti itu.

Minggu: Mari berkebun. Biasanya, Minggu merupakan hari ngumpul bareng keluarga besar. Pasti seru kalau kali ini kita bikin kegiatan berkebun bersama. Yup, jadikan halaman lebih hijau dengan menanam berbagai tanaman. Terus, berikan juga bibit ke para sepupu. Supaya mereka bisa menanamnya di rumah masing-masing. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan minum teh sore dan nyemil dessert. Menyenangkan! Tisam – Foto: Dok. FeminaGroup

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar